Pasang Kawat Gigi (Behel-Bracket)  TIDAK SAKIT.!

Pasang Kawat Gigi-Bracket-Ortodonti Semarang

Pasang Kawat Gigi (Behel-Bracket)  TIDAK SAKIT.!

Tujuan pasang atau perawatan kawat gigi-behel-rracket (orthodonti-orthodontic) adalah menciptakan hubungan kontak sebaik mungkin dengan estetika wajah yang baik (Proffit,1993). Tentu, tujuan utama dari pasang atau perawatan kawat gigi adalah mendapatkan penampilan susunan gigi dan wajah yang menyenangkan secara estetika dengan fungsi yang baik dan dengan gigi-gigi dalam posisi stabil. Pasang atau perawatan Behel-Bracket gigi adalah dokter gigi (orthodontist) yang telah menyelesaikan pendidikan spesialis di bidang ortodonti-orthodontic, yang mendiagnosa, merencanakan dan merawat kelainan susunan gigi dan wajah. Jumlah ortodontis atau dokter gigi spesialis ortodonti di Indonesia masih sangat sedikit yaitu hanya 6 % dari jumlah dokter gigi di seluruh Indonesia.

Mengapa pasang atau perawatan kawat gigi-bracket-orthodontic itu penting ?

Fungsi pasang atau perawatan orthodontik ada dua macam yaitu untuk estetika dan mengembalikan fungsi yang tidak normal. Pada susunan gigi yang maju pada rahang atas ataupun rahang bawah, gigi yang tidak teratur, gigi yang renggang meyebabkan senyum kurang menarik sehingga berdampak pada sisi emosional yaitu menjadi tidak percaya diri. Disamping itu pada gigi yang tidak rapi proses pembersihannya sulit sehingga akan menyebabkan gigi berlubang, penyakit gusi, bahkan dapat menyebabkan gigi lepas.

Pada gigi belakang yang tidak kontak menyebabkan kesulitan pada waktu mengunyah, makanan menjadi tidak lembut sehingga akan terjadi gangguan pencernaan. Pada gigi depan yang tidak kontak atau gigitan terbuka menyebabkan gangguan fungsi berbicara, dimana tidak dapat mengucapkan vokal tertentu dengan jelas(celat).

Pada kasus tersebut diatas apabila tidak dirawat akan menyebabkan penggunaan yang tidak normal pada permukaan gigi, tidak efektifnya fungsi pengunyahan, tekanan yang berlebihan pada gusi dan tulang yang mendukung gigi atau gangguan sendi rahang, sakit kepala dan sakit pada wajah dan leher.

Kasus-kasus yang perlu pasang-perawatan ortodonti adalah

  • Gigi berjejal/tidak rapi
  • Gigi renggang
  • Gigi maju pada rahang atas / mronggos
  • Gigi maju pada rahang bawah
  • Kelainan sendi rahang (sakit sendi rahang /berbunyi)
  • Kesulitan mengunyah karena gigi belakang tidak kontak
  • Kesulitan berbicara/ vokal tertentu tidak jelas pada gigi depan yang terbuka
  • Kebiasaan buruk (menghisap ibu jari, bernafas lewat mulut, cara menelan yang salah)
  • Gigi permanen yang hilang karena kecelakaan atau dicabut

Sebagian besar orang berpikir bahwa pasang-perawatan kawat gigi (Behel-Bracket-orthodonti-orthodontic) adalah untuk remaja, padahal waktu yang paling baik untuk mulai pasang kawat gigi / perawatan ortodonti  adalah umur 9 tahun. American Association of Orthodontists (AAO) merekomendasikan anak-anak usia 7 tahun kontrol ke ortodontis ( dokter gigi spesialis ortodonti/kawat gigi ). Dokter gigi spesialis ortodonti / kawat gigi / Orthodonti / Orthodontic specialist akan mendeteksi kelainan pada susunan gigi dan bentuk rahang sedini mungkin dan menentukan waktu yang tepat untuk perawatan ortodonti / kawat gigi , apakah perlu segera atau wait and see, kontrol periodik 3 bulan sekali. Perawatan ortodonti / kawat gigi apabila dimulai pada waktu yang tepat/sedini mungkin, perawatan menjadi lebih mudah dan akan menghasilkan hasil yang lebih baik, walaupun perawatan ortodonti / kawat gigi cekat / Orthodonti / Orthodontic dental / orthodontist / clinic specialist orthodontics dapat berhasil pada usia berapapun.

Keberhasilan perawatan ortodonti

Untuk mencapai hasil pasang-perawatan kawat (behel-bracket)  gigi yang ideal tidak mudah, dipengaruhi banyak faktor. Faktor paling penting yang menentukan keberhasilan pasang kawat gigi adalah operator dimana dilakukan oleh seorang yang benar-benar ahli (dokter gigi yang sudah spesialis ortodonti – orthodontist). Kepandaian dokter gigi spesialis orthodontist dalam menentukan diagnosa dan rencana perawatan, pengetahuan dokter gigi spesialis Ortodonti tentang bio-mekanik pergerakan gigi serta ketrampilan dokter gigi spesialis ortodonti dalam melakukan perawatan dan yang tidak kalah penting adalah pengalaman dokter gigi tersebut adalah faktor penting keberhasilan perawatan ortodonti.   Keberhasilan pasang behel-bracket gigi juga merupakan kerja sama antara dokter gigi spesialis ortodonti dengan pasien. Pasien harus disiplin dalam hal waktu kontrol, selektif memilih makanan dan menjaga kebersihan mulut.

Perawatan Ortodonti sebetulnya tidak sakit, memang harus dilakukan oleh seorang yang benar-benar ahli. Dokter gigi spesialis orthodontist harus mengetahui reaksi biologis dari gigi dan jaringan sekitarnya terhadap tekanan mekanis dari alat ortodonti. Tekanan pada gigi harus konstan dan tidak melebihi tekanan kapiler darah, sehingga tidak menimbulkan rasa sakit dan kerusakan jaringan. Sebagian pasien merasakan kurang nyaman saat bracket-kawat cekat dipasang. Setelah melewati masa adaptasi 3-5 hari, pasien akan terbiasa. Untuk mengatasi iritasi pada gusi ada semacam malam/ karet yang ditempel pada bracket, obat kumur, dan obat-obatan yang diminum

Kesimpulan :

Susunan gigi dan bentuk rahang sangat berpengaruh terhadap bentuk wajah/ profil dan kesehatan seseorang. Susunan gigi yang rapi, rahang yang rata/normal membuat senyum yang indah sehingga kita menjadi lebih percaya diri. Tidak ada kata terlambat untuk perawatan ortodonti karena perawatan ortodonti dapat dilakukan pada usia berapapun dan tidak sakit.

Hubungi kami ahlinya :

Phone : 0851-0091 9191

email : emimarta@yahoo.com

Klinik Pasang Behel Kawat Gigi Spesialis Ortodonti – | Dokter Gigi Spesialis Implant – Tanam Gigi | Dental Clinic | Dental Esthetic | Kecantikan Gigi | drg. Indriati. M, Sp.Ort

Jenis Klinik Gigi

 

IM CLINIC –  SEMARANG

Pada umumnya saat kita mengunjungi klinik gigi atau praktek dokter gigi pribadi, tidak disebutkan jenis / macam klinik gigi tersebut, karena klinik gigi yang kita kunjungi merupakan klinik gigi umum yang  melayani semua macam perawatan gigi dan mulut.

Namun pada rumah sakit atau poliklinik gigi,  ruang perawatan gigi dibagi atas beberapa jenis sesuai jenis perawatan yang ditangani oleh dokter yang berada di klinik tersebut, berdasarkan spesialisasi dari masing-masing dokternya. Di tiap macam klinik gigi biasanya ada seorang dokter gigi spesialis, misalnya pada klinik gigi Orthodonti, disana ditangani oleh seorang Orthodontist ( Spesialis orthodontic )

Berdasarkan hal diatas ada baiknya kita secara singkat mengetahui arti dari nama-nama klinik gigi tersebut :

  • Klinik Gigi Orthodonti
    Merupakan klinik gigi yang menangani pasien dengan masalah pertumbuhan, perkembangan, variasi wajah, rahang dan gigi dan abnormalities dari hubungan gigi dan wajah serta perawatan perbaikannya. Secara garis besar ada dua macam alat orthodonti yang sering kita sebut dengan bracket atau behel, yaitu alat orthodonti lepasan dan cekat Selain beda cara pemakaiannya, kedua alat ini juga memiliki fungsi yang berbeda. Pada umumnya alat orthodonti lepasan digunakan pada anak-anak dengan kasus mudah, sedangkan alat orthodonti cekat digunakan untuk pasien dewasa atau anak-anak dengan kasus yang lebih sulit atau kompleks.
  • Klinik Gigi Pedodonti
    Merupakan klinik gigi yang menangani masalah pertumbuhan dan perkembangan pada gigi dan mulut pasien anak. Hal ini dibedakan dengan pasien dewasa karena pasien anak memiliki jenis gigi yang berbeda dengan gigi orang dewasa, dimana pasien anak masih memiliki gigi susu sedangkan pasien dewasa memiliki gigi tetap. Dan pada anak-anak,  berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang memerlukan perhatian khusus.
  • Klinik Gigi Prosthodonti
    Merupakan klinik gigi yang menangani penggantian satu atau beberapa gigi asli dan jaringan yang hilang dengan gigi tiruan. Secara umum gigi tiruan dibagi menjadi dua bagian, yaitu Gigi Tiruan Lepas dan Gigi Tiruan Cekat. Saat ini sudah mulai dilakukan perawatan penggantian gigi asli dengan teknik Implant.
  • Klinik Gigi Bedah Mulut
    Merupakan klinik gigi yang menangani pasien yang membutuhkan tindakan bedah, termasuk disini tindakan cabut gigi (ekstraksi) sehingga di dalam bagian klinik ini ada yang disebut bagian eksodonsi. Mulai dari cabut gigi sampai operasi gigi dan mulut dilakukan di dalam klinik gigi ini.
  • Klinik Gigi Konservasi
    Merupakan klinik gigi yang menangani perawatan restorasi gigi (misalnya tambalan gigi, pembuatan mahkota buatan) tiap-tiap gigi. Didalamnya terdapat bagian Endodontik yaitu perawatan saluran akar gigi. Segala upaya yang ditujukan untuk mempertahankan gigi selama mungkin di dalam mulut, yang salah satunya dengan membuatkan restorasi pada tiap-tiap gigi yang membutuhkan.
  • Klinik Gigi Periodonti
    Merupakan klinik gigi yang menangani pasien dengan perawatan jaringan penyangga gigi, termasuk diantaranya gusi, tulang rahang, dll.  Misalnya bila gusi terlihat gelap dan mudah berdarah, ini merupakan salah satu tanda ada penyakit pada gusi tersebut. Mulai dari pembersihan karang gigi (skalling) sampai operasi Flap, kuret, dilakukan di klinik gigi ini.

Jika anda punya keluhan dengan Gigi dan Mulut anda…

Silahkan Kunjungi  IM Dental Clinic Specialist – 

drg. Indriati Martosaputra, Sp.Ort

Jam Praktek Klinik Gigi  :

Klinik-Gigi Indrapasta 116 Semarang

Senin & Selasa :
Jam 17:00 – 19:00 pm (Sore)

Jl. Indraprasta No.116 Semarang Jawa Tengah

— oOo —

Klinik-Gigi Kawi Raya 41 Semarang

Rabu, Kamis, Jumad :
Jam 16:00 – 17:00 pm  (Sore)

Jl. Kawi Raya No.41 Semarang Jawa Tengah

Phone : 0851-0091 9191

email : emimarta@yahoo.com

web site : www.Orthodontic.co.id

Mencegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang ?
Mencegah lebih baik daripada mengobati

Tuhan YME telah memberikan kenikmatan kepada kita berupa gigi geligi dengan berbagai fungsi nya. Sebagian berfungsi untuk menggigit, mengoyak, dan sebagian untuk memotong. Sementara yang lain untuk menghancurkan makanan hingga halus.

Keseharian kita tak lepas dari aktivitas gigi ini. Betapa gigi merupakan bagian tubuh kita yang penting untuk dipelihara dan kita cegah dari kerusakan. Selera makan kita bisa hilang di kala sakit gigi, meski makanan yang amat lezat ada di hadapan kita.

Gigi adalah jaringan tubuh yang paling keras dibanding yang lainnya. Strukturnya berlapis-lapis mulai dari email yang amat keras, dentin (tulang gigi) di dalamnya, pulpa yang berisi pembuluh darah, pembuluh saraf, dan bagian lain yang memperkokoh gigi. Namun demikian, gigi merupakan jaringan tubuh yang mudah sekali mengalami kerusakan. Ini terjadi ketika gigi tidak memperoleh perawatan semestinya.

Proses kerusakan gigi geligi diawali dengan adanya lubang gigi atau disebut juga karies. Karies adalah kerusakan yang terbatas pada jaringan gigi mulai dari email gigi hingga menjalar ke dentin (tulang gigi). Struktur email sangat menentukan proses terjadinya karies. Sekedar untuk diketahui, permukaan email luar lebih tahan terhadap karies dibanding lapisan di bawahnya, karena lebih padat dan lebih keras. Untuk menjaga kekerasannya ini, email sangat membutuhkan ion kimia yang disebut fluor.

Penjalaran karies mula-mula terjadi pada email. Bila tidak segera dibersihkan dan tidak segera ditambal, karies akan menjalar ke bawah hingga sampai ke ruang pulpa yang berisi pembuluh saraf dan pembuluh darah, sehingga menimbulkan rasa sakit dan akhirnya gigi tersebut bisa mati.

Faktor Penyebab

Banyak sekali faktor yang menyebabkan karies. Faktor yang utama, antara lain:

  • Gigi dan air ludah, Bentuk gigi yang tidak beraturan dan air ludah yang banyak lagi kental, mempermudah terjadinya karies.
  • Adanya bakteri penyebab karies, Bakteri yang menyebabkan karies adalah dari jenis Streptococcus dan Lactobacillus.
  • Makanan yang kita konsumsi, Makanan yang mudah lengket dan menempel di gigi seperti permen dan coklat, memudahkan terjadinya karies.

Sementara itu faktor lain yang turut andil adalah tingkat kebersihan mulut, frekuensi makan, usia dan jenis kelamin, penyakit yang sedang diderita seperti kencing manis dan TB, serta sikap/ perilaku terhadap pemeliharaan kesehatan gigi.

Mencegah Lebih Baik daripada Merawat Gigi…

Gigi yang mudah sekali terserang karies adalah gigi sulung (gigi anak). Ini disebabkan karena struktur giginya lebih tipis dan lebih kecil dibandingkan dengan gigi dewasa (gigi tetap). Perawatan gigi anak yang rusak termasuk sulit. Di samping itu juga memerlukan waktu dan dana yang tidak sedikit.

Sering dijumpai, anak-anak di sekitar kita yang giginya “dimakan ulat”. Apakah ini dibiarkan begitu saja? Bukankah gigi yang tanggal nanti akan diganti gigi yang baru? Tidak demikian. Justru perawatan gigi dan mulut pada masa balita dan anak ikut menentukan kesehatan gigi dan mulut mereka pada tingkatan usia selanjutnya. Mereka harus dibiasakan merawat gigi sejak dini.

Fluor yang sangat dibutuhkan lapisan email tadi, telah lama diyakini dan digunakan secara luas untuk pencegahan karies gigi. Fluor efektif bila diberikan pada saat pertumbuhan dan perkembangan gigi, mulai dari awal kehamilan hingga pasca melahirkan.

Di Indonesia, pemberian fluor melalui air minum masih sulit terwujud. Air minum baik yang berasal dari air tanah, air PDAM, dan air kemasan hanya mempunyai kadar fluor di bawah 0,3 ppm. Padahal dari hasil penelitian, kadar fluor dalam air minum yang dapat mengurangi terjadinya karies sekitar 1 ppm.

Selain melalui air minum, masih ada cara lain dalam memberikan fluor seperti melalui pemberian fluor dalam bentuk tablet, bisa melalui garam, susu, ataupun vitamin. Bisa juga melalui pasta gigi yang mengandung fluor.

Kita juga masih mempunyai sumber dari alam. Secara umum, fluor terdapat pada sayur-sayuran, buah-buahan, minuman, ikan, dan daging. Namun kadar yang tertinggi ditemukan pada ikan teri, sawi, dan teh.

Tips Agar Gigi tetap Sehat..!

Di bawah ini beberapa kiat yang bisa dilakukan untuk segala umur:

  • Kurangi konsumsi makanan manis dan mudah melekat pada gigi seperti permen dan coklat. Pada anak mungkin melarangnya sama sekali dapat menimbulkan dampak psikis, maka perlu dipikirkan alternatif penyelesaian nya.
  • Menggosok gigi secara teratur dan benar. Sebaiknya dilakukan pada pagi, sore dan menjelang tidur. Lebih baik lagi bila dilakukan setiap usai makan. Dalam hal ini pilihlah sikat gigi yang berbulu halus dan pasta gigi yang mengandung fluor. Biasakan pula ber kumur-kumur setelah makan makanan manis.
  • Siapkan makanan yang kaya akan kalsium (seperti ikan dan susu), fluor (sayur, daging dan teh), vitamin A (wortel), vitamin C (jeruk), vitamin D (susu), vitamin E (kecambah).
  • Menjaga higiene gigi dan mulut. Bila ada karang gigi sebaiknya dibawa ke dokter untuk dibersihkan. Sebaiknya pula memeriksakan gigi setiap enam bulan sekali.

Jika anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gigi – IM Clinic

Silahkan datang dan kunjungi Klinik Gigi kami yang Nyaman dan terlengkap di kota Semarang…

Jam Praktek Klinik Gigi – IM -Dental Clinic Semarang  :

Klinik-Gigi Indrapasta 116 Semarang

Senin & Selasa :
Jam 17:00 – 19:00 pm (Sore)

Jl. Indraprasta No.116 Semarang Jawa Tengah

— oOo —

Klinik-Gigi Kawi Raya 41 Semarang

Rabu, Kamis, Jumad :
Jam 16:00 – 17:00 pm  (Sore)

Jl. Kawi Raya No.41 Semarang Jawa Tengah

Phone : 0851-0091 9191

email : emimarta@yahoo.com

web site : www.Orthodontic.co.id

Welcome to Orthodontic Clinic Semarang

IM Clinic Specialist

drg. Indriati Martosaputra, Sp.Ort

Phone : 0851-0091 9191

email : emimarta@yahoo.com